Kamis, 19 Desember 2013

PERALATAN KARAOKE PRIBADI

Bagi yang hoby menyanyi, memiliki unit karaoke set pribadi di rumah mungkin akan sangat menyenangkan. Tapi Anda pasti berfikir berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menyulap ruang keluarga Anda menjadi ruang karaoke pribadi? Jangan khawatir, sekarang sudah banyak toko elektronik maupun komputer yang menyediakan perangkat hiburan yang satu ini. Harganya pun sangat bervariasi dari yang termurah hingga yang paling wah. Nah bagi yang berbudget minim, Anda bisa mengubah laptop ataupun komputer Anda menjadi mesin karaoke yang menyenangkan. Namun sebelumnya, ada baiknya Anda ketahui hal-hal berikut :

  1. Buat Checklist Spesifikasi laptop/Komputer Anda.
Cobalah Anda periksa informasi mengenai spesifikasi laptop/komputer Anda. Karena pada langkah berikutnya dibutuhkan hardware minimum requirements untuk menjalankan program karaoke yang akan Anda pasang pada komputer tsb. Program ini membutuhkan hardware yang sangat dasar, dengan minimal Intel Pentium 4, Ram 2 Gb, Harddisk (menyesuaikan jumlah lagu), dan yang terpenting adalah sebuah Video Card PCI express harus tertanam pada motherboard Anda.

  1. Persiapkan peralatan pendukung lain :
Peralatan pendukung ini yang sangat penting untuk Anda lengkapi. Peralatan pend
Audio
ukung yang dimaksud adalah :
  • 1 Set Sound System ; sebagai referensi Anda bisa memilih speaker KJB 100 (Rp. 2.800.000,-) berpasangan dengan Amplifier merk BMB 1600 SE (Rp. 1.275.000), ditambah mic kabel dengan harga mulai (Rp. 150.000,-)
  • Televisi dengan layar cukup lebar untuk menampilkan lirik lagu, saya sarankan menggunakan TV LCD/LED 32". (mulai Rp. 2.800.000,-)
  • Kabel VGA/HDMI (sesuaikan dengan Video Card) yang bisa Anda dapatkan dengan harga berkisar Rp. 75.000,-

Untuk berbagai peralatan tersebut bisa Anda pilih sesuai selera dan budget.

  1. Instalasi Software
Setelah memastikan bahwa komputer Anda layak untuk disulap menjadi mesin karaoke, langkah selanjutnya adalah menyiapkan perangkat lunaknya. Ada berbagai pilihan software mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan. Sebagai referensi saya sarankan untuk menggunakan Okeoke.net yang dapat diunduh secara cuma-cuma melalui web : www.okeoke.net. Perlu Anda ketahui software Okeoke.net ini memiliki tampilan menu cukup lengkap, familiar dan mudah pengoperasiannya, walau masih berbahasa inggris. Ditambah lagi untuk menjalankannya tidak melakukan proses instalasi, cukup masuk ke folder kemudian jalankan setup filenya. Hanya saja memerlukan proses yang agak rumit ketika menambahkan lagu pada database. Tapi jangan khawatir, Anda dapat mengikuti petunjuk yang disertakan dalam file readme.txt.

  1. Update lagu dengan cara mengunduh di beberapa situs.
Untuk mendapatkan berbagai video karaoke ada banyak cara. Bisa dengan membeli di Penjual VCD/DVD karaoke, bisa juga download secara gratis ataupun berbayar. Beberapa situs menyediakan downloadnya secara gratis. Anda hanya perlu sedikit telaten untuk mencari-cari sumbernya di internet.

  1. Pasang peredam pada ruangan yang digunakan.

Supaya tidak mengganggu kenyamanan lingkungan, buat peredam dan pilih ruangan tertutup. Ini untuk menghindari komplain dari lingkungan yang ujung-ujungnya malah akan menggagalkan rencana Anda, sehingga menjadikan perangkat yang Anda beli menjadi sia-sia. Selamat berkaraoke dengan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar