Kamis, 19 Desember 2013

ES PODENG VS ES OYEN

Perbedaan Es Oyen dan Es Podeng terletak pada toping atau isiannya. Jika Es Podeng menggunakan alpukat, ketan hitam, mutiara, es serut lalu ditambahkan dengan potongan roti, kacang tanah. Kemudian disiram susu kental manis dan taburan ceres. Sedangkan Es Oyen menggunakan kelapa muda, buah nangka, melo, alpukat, mutiara dan terkhir ditambahkan es serut dan susu putih kental manis.

Lalu, apa itu es oyen? Sekilas es ini juga mirip dengan es teler. Namun, rasa dan bahan yang digunakan untuk membuat es oyen berbeda dengan es teler. Selain aneka buah, kelapa muda, sirop, es oyen juga menggunakan bahan mutiara sagu dan agar-agar. Konon, es oyen merupakan minuman khas Jawa Barat sebagaimana es doger. Namun, kini es oyen dapat ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia. Itulah sekilas perbedaan antara es campur, es teler, es doger, es oyen.

Cara menemukan es ini sangat mudah sekali . Anda hanya perlu keluar rumah untuk mencari tukang Es Oyen yang sedang stay  , apa lagi untuk yang tinggal didaerah bandung tentu sangat mudah menemukannya , karna es oyeng segar paling enak ini berasal dari bandung .


Nikmati es oyen ini saat matahari terik membakar kulit dan mengeringkan tenggorokan kita . Atau bisa juga saat keluarga sedang berkumpul seperti acara ulang tahun atau hari minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar