Kamis, 19 Desember 2013

PANTAI ANCOL, PANTAI IMPIAN














Jakarta Utara - Taman Impian Jaya Ancol merupakan sebuah kawasan wisata pantai di wilayah Jakarta Utara. Terletak di pesisir kota metropolitan Jakarta, air di pantai Ancol memang tak sejernih pantai di kawasan yang sepi penduduk seperti Raja

Ampat di Papua atau Mentawai di Sumatera Barat. Namun, hal tersebut tak menyurutkan minat wisatawan untuk mengunjungi Ancol. Bisa dibilang, Ancol merupakan satu dari sedikit pantai yang bisa disambangi oleh warga Jakarta.

Kawasan ini tak hanya menawarkan wisata pantai, tetapi juga berbagai kegiatan wisata lainnya dengan kehadiran objek-objek wisata menarik sepert Dunia Fantasi, Atlantis, Ocean Dream Samudra, Sea World, dan masih banyak lagi. Ancol juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata termasuk restoran dan hotel mewah. Sedikit Ulasan mengenai berbagai objek wisata di Ancol tersedia di bawah ini.

  1. Dunia Fantasi (Dufan)
Dufan merupakan taman hiburan pertama (theme park) yang dibangun di Ancol dan tercatat sebagai taman hiburan luar ruangan terbesar di Indonesia. Tempat wisata ini terbagi menjadi 8 kawasan yaitu Asia, Amerika, Eropa, Yunani, Indonesia, Jakarta, Hikayat, dan Balada Kera. Tiap-tiap kawasan dilengkapi dengan berbagai wahana atau pertunjukan menarik yang didukung dengan teknologi modern untuk menjamin keamanan tiap pengunjung. Beberapa wahana populer di Dufan adalah Tornado, Halilintar, Istana Boneka, Kicir-Kicir, Niagara-Gara, dan Arung Jeram.
Harga Tiket: Rp150.000 (Senin-Jumat) / Rp250.000 (Sabtu & Minggu)

  1. Atlantis
Atlantis adalah sebuah taman air (water park) yang terdiri dari berbagai jenis kolam renang, seluncuran, dan wahana air. Sesuai dengan namanya, taman air ini mengusung tema benua Atlantis yang hilang. Bagian dalam Atlantis didesain mirip seperti perkiraan penampakan benua Atlantis dengan adanya banyak pilar dan bangunan dari batu serta pohon palem yang rindang. Terdapat 9 wahana air di Atlantis yaitu Kiddy, Arus Antila, Ombak Posseidon, Arena Tanding, Rainbow Ball, Water Outbond, Kolam Apung, Riam Jeram, dan Crazy.
Harga Tiket: Rp90.000 (Senin-Jumat) / Rp110.000 (Sabtu & Minggu)
  1. Ocean Dream Samudra
Ocean Dream Samudra dikenal sebagai objek wisata edutainment dengan konsep alam dan satwa. Objek wisata ini menampilkan pertunjukan hewan-hewan pintar seperti lumba-lumba, paus putih, anjing laut, dan linsang, serta memperlihatkan interaksi dan kerjasama yang baik antara hewan dan manusia. Salah satu tujuan Ocean Dream Samudra adalah memberikan pengalaman sekaligus mengajarkan pengunjung untuk lebih mengenal dan menyayangi satwa. Selain pertunjukan binatang, Ocean Dream Samudra juga menampilkan pertunjukan 4D yang disukai anak-anak dan dewasa.
Harga Tiket: Rp90.000 (Senin-Jumat) / Rp110.000 (Sabtu & Minggu)

  1. Sea World
Sea World merupakan taman biota laut yang terdiri dari beberapa akuarium raksasa berisi ribuan satwa laut dan satwa air tawar dari berbagai belahan dunia. Akuarium utama di Sea World memiliki ukuran 36 x 24 meter dan tercatat sebagai akuarium air asin terbesar di Asia Tenggara. Sea World yang berdiri di atas lahan seluas 3 hektar di kawasan Taman Impian Jaya Ancol juga dilengkapi dengan komputer layar sentuh yang menampilkan informasi satwa, perpustakaan, toko souvenir, dan tempat penjualan makanan.
Harga Tiket: Rp60.000 (Senin-Jumat) / Rp70.000 (Sabtu & Minggu)

  1. Pasar Seni Ancol
Selain tempat-tempat wisata berbayar, Ancol juga memiliki kawasan wisata gratis. Salah satu tempat wisata yang bebas dikunjungi di Ancol adalah Pasar Seni. Pengunjung yang sudah membeli tiket masuk gerbang Ancol tidak perlu lagi membayar untuk masuk ke kawasan Pasar Seni Ancol. Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan berbagai benda kerajinan seni mulai dari aksesoris kecil seperti kalung dan gantungan kunci, hingga benda-benda besar seperti meja dan kursi. Jika berminat, kamu juga bisa membeli karya-karya seni tersebut.

  1. Beach Pool dan Pantai Karnaval Ancol
Menyandang reputasi sebagai wisata pantai, tidak mungkin rasanya jika Ancol tidak memiliki pantai landai dan berpasir. Kawasan wisata Ancol memiliki 2 tempat semacam ini yaitu Beach Pool dan Pantai Karnaval. Beach Pool merupakan kawasan yang cocok untuk berenang karena pantainya dibentengi dengan semacam jembatan yang memblok ombak-ombak tinggi. Sementara itu, pantai karnaval sering menjadi lokasi konser penyanyi maupun grup band populer dari dalam dan luar negeri.

Selain objek-objek wisata di atas, Ancol masih menyimpan banyak tempat wisata menarik seperti Ekopark, Putri Duyung, Marina Bay. Sebelum masuk ke tempat-tempat wisata tersebut, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk pintu gerbang utama sebesar Rp17.500 per orang. Pengunjung yang membawa kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 untuk sepeda motor dan Rp20.000 untuk mobil. Dengan membayar tiket masuk gerbang utama, pengunjung sudah bisa masuk ke areal pantai dan menikmati berbagai fasilitas pinggir pantai yang telah disediakan.

(Syarifah Rachmawati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar