Kamis, 19 Desember 2013

KOTA TUA YANG BERSEJARAH

Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia lama (OUD Batavia) adalah sebuah wilayah kecil yang melintasi Utara dan Barat Jakarta, yang sarat dengan peninggalan penjajahan Belanda. Gedung – gedung tua dimanfaatkan sebagai Museum dan Resto. Memasuki wilayah Kota Tua, pemandangan eksotis mulai terasa dari bangunan – banguan tua nan kokoh, peninggalan belanda yang dibangun sekitar abad ke19 dan 20.
Adapun temat menarik dan bersejarah yang ada dikawasan Kota Tua Jakarta, antara lain:

1. Museum Fatahillah
Museum fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta, tempat penting bagi sejarah Jakarta. Di zaman pendudukan Belanda, gedung ini merupakan Balai Kota, pengadilan sekaligus penjarah bawah tanah yang megerikan. Kini, Museum ini menjadi tempat bersemayamnya beragam barang antik, mulai dari furnitur antik zaman Belanda, prasasti dan arca, hingga alat musik gambang keromong. Dibagian luar Museum ada lapangan Fatahillah yang kerap diramai kan pagelaran Budaya.
Alamat : Jl. Taman Fatahillah No 2 Jakarta Utara
Jam Buka : Selasa – Minggu / 09.00 – 15.00
Tiket : 3000 - 5000

2. Museum Bank Indonesia
Bangunan ini merupakan perpaduan antara bangunan klasik dan modern. Museum Bank Indonesia menggunakan teknologi multimedia, panel statistik, displey elektonik dan deorama untuk mengisahkan peranan Indonesia dalam perekonomian bangsa. Dulu Museum ini merupakan sebuah Bank yang bernama DE JAVASCHE BANK yang dibangun pada 1828.
Alamat : Jl. Pintu Besar Utara No 3
Jam Buka : Selasa – Kamis / 08.30 – 14.30
Sabtu – Minggu / 09.00- -16.00
Jumat / 08.30 – 11.00
Tiket : Gratis

3.

Kafe Batavia
Kafe dan Restoran ini terletak persis disebrang Museum Fatahillah. Beriterior tempo dulu dan menyajikan menu makanan Asia dan Barat. Disamping menyediakan Bir dan Wine, anda juga bisa memesan minuman Tradisional, seperti Bajigur, Bandrek dan Bir Pletok. Pada malam hari anda juga bisa menikmati suguhan Music lewat Live Music. Kafe ini buka setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga dini hari.

Dan masih ada sekitar 53 tempat bersejarah dikawasan Kota Tua yang bisa anda kunjungi.


Alamat : Jl. Maritim Raya No 8, Sundan Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara. (Mei Saroh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar